Uang Soekarno Kun Fayakun

APAKAH UANG SOEKARNO ITU?

Uang Soekarno adalah pecahan uang kertas dengan bagian depan bergambar Soekarno dan memiliki banyak versi meliputi:

  1. Tempat pembuatan Prancis, Swiss dan Kemayoran.
  2. Nominal: Rp 1,-, Rp 2,5 , Rp 5,-, Rp 10,- , Rp 100,-, Rp 1.000,-, Rp 5.000,- dan Rp 10.000,-.
  3. Tampak depan ada yang hanya bergambar Soekarno saja, ada yang bertuliskan kun fayakun maupun surat Al Ikhlas yang dapat dilihat dengan mata telanjang.
  4. Gambar belakang: penari serimpi dengan jumlah penari 1 sampai 9 orang, penari bali, penari membawa obor, orang membajak sawah, penari menggendong 2 & 3 anak menyerupai tuyul, wali songo, wayang orang, wayang kulit, rumah adat, panen karet, gatot kaca, Srikandi, banteng, ibu Kartini berdoa dll.
  5. Warna: Merah, hijau, biru, ungu, coklat dll.
  6. Memiliki benang pengaman berwarna perak dan emas yang hanya bisa dilihat bila dideteksi dengan sinar Ultra Violet (UV) atau detector uang palsu.
  7. Ada yang memiliki tulisan Asma Allah, kun fayakun, nurisulaiman, surat al ikhlas dll dalam bahasa Arab yang hanya bisa dilihat bila dideteksi dengan sinar Ultra Violet atau detector uang palsu.
  8. Tahun dikeluarkan beragam mulai tahun 1951, 1952,1957,1960, 1964, 1966 dll
  9. Ada yang bertuliskan BI, ada juga yang bertuliskan RI.

APAKAH KEUNIKAN UANG SOEKARNO?

  1. Memiliki tulisan Asma Allah, kun fayakun, nursulaiman, surat al ikhlas dll dalam bahasa Arab. Ada yang dapat dilihat langsung namun sebagian besar hanya bisa dilihat bila dideteksi dengan sinar Ultra Violet atau detector uang palsu.
  2. Bila diletakkan di telapak tangan maka dengan sendirinya uang akan bergerak. Keunikan ini tidak dimiliki oleh uang kertas atau bahan kertas manapun di dunia ini. Uang Soekarno bergerak dengan gerakan :
    • Melengkung: yaitu gerakan dimana kedua sisi secara bersama-sama bergerak ke atas membentuk huruf O atau U.
    • Menggulung tikar, yaitu gerakan hanya salah satu sisi saja bergerak menggulung (bukan melengkung) kearah sisi yang lain seperti gerakan kita menggulung tikar. Kemudian uang akan jatuh dengan sendirinya dari telapak tangan kita.

MENGAPA UANG SOEKARNO DAPAT BERGERAK MELENGKUNG ATAU MENGGULUNG?

Kalau Browsing di Google penyebab uang Soekarno bisa melengkung adalah karena metafisika. Secara metafisik dikarenakan Uang Soekarno telah diisi energi ETERIK. Yaitu energi yang bereaksi terhadap panas tubuh yang dipengaruhi oleh fisik dan psikis / kejiwaan seseorang. Reaksi ini berupa gerakan menjauhi panas tubuh melalui gerakan melengkung atau menggulung. Namun secara logika penyebab uang Soekarno melengkung adalah karena bahan kertas. Yang memang bisa melengkung terkena panas suhu tubuh manusia juga panas bara api.

APAKAH UANG INI ASLI ATAUKAH PALSU?

Secara garis besar, Uang Soekarno dapat dibedakan menjadi 2 (dua):
1. Uang Soekarno Asli yang dijadikan sebagai alat pembayaran. Uang Soekarno asli ini tidak memiliki tulisan Arab di dalamnya dan tidak dapat bergerak di telapak tangan. Uang ini dikeluarkan oleh BI.

Soekarno Asli

2. Uang Soekarno Souvenir yang tidak dijadikan sebagai alat pembayaran yang syah. Uang Soekarno Souvenir inilah yang dari awal kita bicarakan. Uang ini asli sebagai uang souvenir. Uang ini tidak dapat dikatakan palsu karena tidak ada uang yang ditiru atau dipalsukan. Uang ini berdiri sendiri dan berbeda dengan uang-uang kertas lainnya.

Uang Soekarno Palsu

Uang Soekarno Souvenir

Soekarno Souvenir

Soekarno Souvenir

Soekarno Asli

Soekarno Asli

Pecahan 1000 Rupiah Sukarno (1960) asli. Perhatikan tanda airnya berupa kepala banteng dan benang pengaman di sisi kiri. Selain itu tampak juga sebagian gambar lainnya seperti bingkai dan angka 1000 di bagian kiri atas.

Pecahan Rp. 1000 ini merupakan pecahan yang paling banyak dibikin souvenir, yang asli berwarna hijau terang dicetak oleh Thomas De La Rue dengan tanda air Sukarno dan Pertjetakan Kebajoran dengan tanda air kepala Banteng.

Uang yang dicetak oleh Thomas De La Rue (TDL) mempunyai 3 variasi nomor seri yaitu 1 huruf, 2 huruf dan 3 huruf, diikuti oleh 4 angka. Variasi 1 huruf sangat-sangat sulit ditemukan, dan merupakan variasi tersulit dari pecahan ini. Sedangkan variasi 2 dan 3 huruf relatif mudah ditemukan. Harga variasi 2 dan 3 huruf sekitar Rp. 200.000 untuk kondisi fine dan Rp.2.000.000,- perlembar untuk kondisi UNC.

Sedangkan yang dicetak oleh (Pertjetakan Kebajoran) PK hanya terdiri dari satu variasi saja yaitu 3 huruf yang diikuti oleh 6 angka. Harga kondisi UNC sedikit dibawah Thomas De La Rue TDL yaitu sekitar Rp. 1.750.000 perlembar untuk kondisi UNC.

JADI UANG SOEKARNO YANG BISA MELENGKUNG DAN ADA TULISAN ARABNYA ITU CUMA UANG SOUVENIR ?

Iya, mungkin karena kharisma bapak Sukarno yang sangat dikagumi, dipasaran banyak sekali beredar uang2 Sukarno yang dipalsukan. Ciri2 uang souvenir tersebut adalah :

1. Terbuat dari kertas yang halus dan mudah melengkung bila diletakkan di telapak tangan.
2. Mempunyai gambar yang buram dan tidak jelas
3. Mempunyai nilai nominal yang beragam 1000, 2500, 5000 dan 10000 rupiah
4. Mempunyai gambar dan warna yang berbeda2 (bisa hijau, merah, biru, ungu, dll)
5. Biasanya bertahun 1964 walaupun ada juga yang bertahun 1957, 58, 60 dll
6. Di bagian bawah seringkali tercetak FRANCE
7. Terdapat tanda air Sukarno atau banteng yang jelas terlihat walau tidak diterawang
8. Mempunyai nomor seri yang antik, misalnya BKR 170845
9. Dan banyak lagi lain-lainnya.

SIAPAKAH YANG MENGELUARKAN UANG SOEKARNO SOUVENIR?

Uang Soekarno dikeluarkan oleh pihak swasta, bukan oleh Bank Indonesia sehingga tidak akan kita temukan penjelasan Uang Soekarno Souvenir pada situs-situs resmi BI karena BI hanya mengeluarkan Uang yang digunakan sebagai nilai tukar. bukankah tindakan ini adalah kriminal ? sebenarnya tidak karena uang asli yang di bikin souvenir warnanya juga beda dengan aslinya, mirip seperti uang monopili di jaman sekarang, yang membuat souvenir juga tidak sepenuhnya berniat buruk yaitu dengan cara memalsukan mentah mentah dari versi aslinya. Jadi uang seri cendramata ini sepertinya sengaja meninggalkan banyak “jejak” dan tanda untuk dilihat. Dengan berdasarkan 4 acuan yang sudah saya tulis di atas, sepertinya sudah sangat jelas.

Bagi yang tidak mengerti akan menganggap uang ini sebagai barang ‘asli’ dan mempunyai nilai yang sangat-sangat tinggi, bahkan dianggap sakral karena dapat melengkung atau menggulung sendiri bila diletakkan di telapak tangan. Semua ini bisa terjadi karena kertas yang dipergunakan bukanlah kertas uang sehingga mudah memuai bila terkena suhu panas yang berasal dari tangan kita. Uang2 Sukarno souvenir ini sangat mudah ditemukan di situs online di seluruh Indonesia. Harganya variatif antara 50-100 ribu bahkan sampai ada yang dijual 1 juta rupiah.

SELAIN SEBAGAI KOLEKSI MIRIP FILATELLI PERANGKO, APAKAH KEGUNAAN UANG SOEKARNO?

Kalau kita browsing di google kegunaan uang Soekarno secara spiritual adalah –> Karena di dalam Uang Soekarno ada Asma Allah, kun fayakun, nurisulaiman, surat al ikhlas dll dalam bahasa Arab (bahasa Al Qur’an) maka uang ini memiliki Khodam Ayat dari golongan Malaikat. Dengan cara khusus Malaikat-Malaikat ini dapat kita “ajak” berdo’a. Kebaikan do’a akan kembali kepada pemilik Uang Soekarno dalam bentuk ketenangan batin, kelapangan rezeki, dijauhkan dari marabahaya dan diberi keberkahan dalam setiap usaha. Insya Allah siapa yang bisa merawat uang Soekarno dia akan hidup sejahtera terutama dalam urusan rezeki dan kekayaan, dengan ijin Allah SWT. Inilah sesungguhnya harta karun Soekarno.

CARA MUDAH MEMBEDAKAN UANG SOEKARNO SOUVENIR

1. Warna dan Nilai Nominal
Asli : Berwarna hijau 2 warna, yaitu hijau tua dan hijau muda kekuningan.
Souvenir : Berwarna merah dan hanya sebagian kecil yang berwarna hijau. Jadi kalau anda melihat, memiliki atau ditawarkan uang sukarno pecahan Rp 1000 berwarna merah maka 100% bisa dipastikan bahwa uang tersebut adalah palsu.

2. Design belakang
Asli : Keaslian uang Sukarno bisa dibedakan dengan jelas dari gambar belakangnya. Berikut ini adalah contoh gambar belakang dari uang Sukarno asli pecahan Rp 1000 dan tidak ada variasi lain selain gambar tersebut.
Souvenir : Memiliki beberapa design gambar aneh dan nyeleneh seperti ibu gendong anak, penari serimpi, belasan penari dengan posisi berjejer, petani bajak sawah dll adalah pasti palsu.

3. Kualitas Printing
Perbedaan kualitas antara uang Sukarno asli dan palsu sangat besar, bagai bumi dengan langit. Jadi kalau anda adalah orang yang sedikit teliti dan peduli pada kualitas, hanya dengan melihat bahan kertas dan kualitas printing saja sebetulnya sudah mampu melihat perbedaan antara uang palsu dan uang asli.
Asli : Dicetak dengan mesin percetakan modern jadi mutu dan kualitasnya nyaris setara dengan uang sekarang yaitu, warna terang dan detail gambar sangat jelas.
Souvenir : Dibuat dari kertas kualitas rendah dan dicetak dengan alat sederhana sejenis sablon.

4. Bisa Menggulung ?
Souvenir : Bisa melengkung dan menggulung di tangan, memiliki kekuatan, ada tulisan arab dll adalah ciri khas dari uang Sukarno souvenir. Sepertinya pembeli uang ini umumnya lebih tertarik dengan sisi klenik (mistik) dibandingkan dengan sisi numismatik. Jadi cara termudah untuk mengetahui uang Sukarno asli dan palsu adalah dengan menyanyakan ke penjualnya “Pak, bisa menggulung di tangan ndak ?” atau “Ada tulisan Arab ndak ?”

APAKAH BENAR HARGA UANG SOEKARNO SAMPAI PULUHAN BAHKAN RATUSAN JUTA RUPIAH?

Itu hak mereka untuk memaharkan benda milik mereka. Namun di tempat kami mahar / mas kawin/ harga Uang Soekarno hanya berkisar ratusan ribu rupiah kecuali dengan keunikan tertentu.

UNTUK MEMBELI UANG SOEKARNO SOUVENIR BISA MENGHUBUNGI SAYA DI 08164537339 SMS / WHATSAPP. HARGA NEGO SAYA BUKA DENGAN HARGA Rp. 100.000/lembar

Uang Souvenir Soekarno Aroma4soul

Uang Souvenir Soekarno Aroma4soul

Comments are closed.