Kertas Papyrus Mesir

Kertas Papyrus

Kertas Papyrus

Papirus atau Papyrus (nama ilmiah: Cyperus papyrus, atau kita di Indonesia mengenalnya sebagai pohon Lontar.) adalah sejenis tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno. Tanaman ini umumnya dijumpai di tepi dan lembah Sungai Nil. Kira-kira 3500 SM, bangsa Mesir Kuno sudah memanfaatkan papirus. Mereka pada saat itu membuat kertas dari kulit-kulit tipis atau kulit-kulit halus papirus, sebelum kertas (seperti yang kita kenal sekarang) ditemukan.

Di wilayah jazirah Arab, pada masa Nabi Muhammad SAW, tanaman ini selain dimanfaatkan untuk tikar, juga digunakan untuk menulis Al Qur’an serta bahan obat-obatan tradisional. Sebagai bahan untuk menulis, papirus diolah sedemikian rupa hingga menyerupai kertas, lazimnya berukuran 10×20 cm hingga 10×30 cm atau bahkan lebih dari 10×50 cm. Namun, ada kepingan yang dicantumkan atau dijahit hingga menghasilkan lembar papirus yang panjangnya 12 sampai 30 meter.

Tahukah Anda bahwa bangsa Mesir sudah meng-utilisasi tanaman ini sejak kira-kira 5000 tahun lalu, bangsa Mesir Kuno memanfaatkan papirus ini sebagai alat tulis mereka, mengiris-iris batang pohon ini titip-tipis, menggabungkannya menjadi layaknya sebuah lembaran kertas, memang tidak serapih dan sebaik kertas yang kita kenal saat ini dan juga tidak memiliki ukuran standar seperti: A3, A4, Kwarto, Letter, Plano dan sebagainya, namun penemuan ini menjadi tonggak sejarah pengarsipan informasi yang menjadi sangat berguna bagi umat manusia; serta merupakan warisan yang tidak ternilai harganya bagi perkembangan arkeogi dan pengungkapan sejarah umat manusia, khususnya jika dibandingkan dengan agama sebagai referensi atas informasi dan fakta bagi para pencari pembuktian kebenaran (Arkeologi vs Firman Tuhan). Bagi kita Umat Kristen, pemanfaatan papirus dulu kala adalah dalam rangka pencatatan Firman Tuhan, sehingga saat ini bukan saja di manca negara tetapi juga di Indonesia, Lembaga Alkitab Indonesia dapat menyajikannya dalam bentuk Alkitab yang kita baca dan firman-Nya dimuliakan di negara kita.

Dewasa ini papyrus bukan hanya terkenal sebagai peninggalan sejarah Mesir kuno maupun mediterania, papyrus kuno memiliki nilai yang tak hingga, disisi lain merupakan komoditi menarik yang banyak diminati orang.

Saat berada di Mesir, kita dapat memperoleh berbagai bentuk cindra-mata papirus, dimulai dari cendera mata berupa pembatas buku sampai dengan karya seni papirus yang ditawarkan dengan harga cukup mahal. Tidaklah mengherankan jika kemudian industri pariwisata Mesir turut memboncengkan ketenaran papirus dan menjadikannya komoditi menarik yang mendampingi industri ini untuk mendatangkan wisatawan manca negara ke negeri peninggalan sejarah yang namanya banyak sekali disebut-sebut dalam Alkitab.

KAMI MENJUAL KERTAS PAPYRUS

Kertas Papyrus

Kertas Papyrus

Kertas Papyrus

Kertas Papyrus

Kertas Papyrus

Kertas Papyrus

 

Kertas Papyrus

Kertas Papyrus

Harga Eceran Rp. 50.000/lembar

Comments are closed.